Langsung ke konten utama

PENGENALAN VB 2008

Langsung Unduh

PENGENALAN VB 2008       

 

Tujuan

Memberikan pemahaman tentang IDE Visual Basic 2008 dan pemahaman tentang Control, properties, method dan event.

Menjalankan Visual Basic



Start  ð  Program  ð  Microsoft Visual Studio 2008 ð Microsoft Visual Studio 2008















Membuat Project
Menu File  ð New Project  atau  Klik Create: Project (Dari tampilan Start Page)
Pada Project Types: pilih Windows
Pada Templates:  pilih Windows Forms Application
Pada Name:  ketik nama Project
Klik OK

Integrated Development Environment (IDE) Visual Basic 2008

Lingkungan Visual Basic 2008 terdiri dari:
·      Menubar
·      Toolbar
·      Toolbox
·      Solution Explorer
·      Properties Window
·      Form

ToolBox (Kotak Perlengkapan) yaitu kotak yang berisi objek-objek pemrograman yang digunakan untuk menggambar atau mendesain program.
Bila Toolbox tidak muncul,  klik menu View  ð Toolbox.

Solution Explorer yaitu kotak yang berisi project, form, modul program yang sedang dibuat. Solution Explorer berfungsi untuk mengeksplor form dan modul yang ada didalamnya.
Bila Solution Explorer tidak muncul, klik menu View  ð Project Explorer.

Properties Window yaitu jendela yang berisi karakteristis atau ciri-ciri dari suatu objek pemrograman.
Bila Jendela Properties tidak muncul, klik menu View  ð Properties Window.

Form yaitu Lembaran Kerja pemrograman atau tempat meletakkan dan mengatur objek pemrograman.



 Keterangan gambar:
Œ Menubar
 Toolbar
Ž Toolbox
 Solution Explorer
 Properties Window
 Form



Control dan Properties
Control adalah sebuah objek yang dapat diletakkan dan diatur serta menjadi bagian dari sebuah form sehingga user dapat berinteraksi dengan aplikasi yang dibuat. Control atau objek pemrograman terdapat pada toolbox, contohnya textbox, label, button dan lain-lain.
Control adalah sebuah objek yang memiliki identitas dan ciri khas yang membedakan satu control dengan control yang lain walaupun dengan basic class yang sama. Contohnya dua objek button, masing-masing memiliki ciri khas atau karakteristik  seperti: ukuran, text, warna yang berbeda satu dengan lainnya.
Ciri khas tersebut pada visual basic dikenal dengan properties. Properties dapat diatur dengan dua cara yaitu: (1) melalui properties window, (2) melalui code editor.
Control atau objek yang sering digunakan pada pemrograman beserta propertiesnya
No.
Control/Objek
Fungsi
Properties
Fungsi
1
 
Membuat keterangan
Text
Untuk mengedit text/tulisan
2
Menginput/memasukkan Nilai
Text
Untuk mengedit text/tulisan dan menginput nilai
3
Menjalankan proses
Text
Untuk mengedit text/tulisan
4
Memilih satu atau beberapa pilihan dengan cara memberi Check atau contreng
Text
Untuk mengedit text/tulisan
Checked
Untuk menandai atau tidak
Ada 2 nilai:
True (1) = menandai dan
False (0) = tidak menandai
5
Memilih satu pilihan dari beberapa pilihan.
Text
Untuk mengedit text/tulisan
Checked
Untuk menandai atau tidak
Ada 2 nilai:
True (1) = menandai dan
False (0) = tidak menandai
6
Membuat Pilihan dengan cara dropdown
Items
Untuk membuat list/daftar
7
Membuat Gambar

Image
Untuk memasukkan Gambar
SizeMode
Untuk Mengatur Ukuran Gambar
8
Membuat Group Objek
Text
Untuk mengedit text/tulisan
Properties yang sama pada setiap objek adalah Name yang berfungsi untuk memberi nama Objek.



Code Editor
Code Editor adalah sebuah jendela yang berfungsi untuk menulis kode program.
Untuk menampilkan Code Editor, klik menu View  ð  Code
Cara yang biasa digunakan programmer adalah dengan mengklik 2x objek yang terdapat pada Form.



Keterangan gambar:


Œ Object Pemrograman atau Class Name
 Method Name
Ž Lembar pengetikan program

Method (Event)
Method merupakan kejadian atau aksi yang dapat dilakukan oleh sebuah control.
Contoh: Load, Click, DoubleClick.

Kode program diketik pada objek program (diantara Private Sub dan End Sub) yang berada dalam lingkungan Class (diawali dengan Public Class dan diakhiri dengan End Class).


Bentuk Umum Penulisan Kode Program
NamaObjek.Properties = Argument
 

Contoh:
TextBox1.Text = “Visual Basic”




Contoh Program:
1. Desain awal program




2. Atur Properties Masing-masing Objek sebagai berikut:
NO.
OBJEK
PROPERTIES
PENGATURAN
1
Form1
Text
Project Modul-2
2
Label1
Text
CONTOH PENGGUNAAN OBJEK PROGRAM


ForeColor
Red


Font Size
9


Bold
True
3
CheckBox1
Text
OOP


Name
Chkoop
4
CheckBox2
Text
VB


Name
Chkvb
5
RadioButton1
Text
Benar


Name
Rdobenar
6
RadioButton2
Text
Salah


Name
Rdosalah
7
TextBox1
Name
Txtoop
8
TextBox2
Name
Txtvb
9
TextBox3
Name
Txtbs
10
Button1
Text
Bersih


Name
Btnbersih
11
Button2
Text
Tutup


Name
Btntutup


     Tampilan program setelah pengaturan properties sebagai berikut:



3. Pemberian Perintah/Instruksi pada Program
     Alur Program:
a.    Jika diklik CheckBox1 (OOP), maka pada objek TextBox1 (Txtoop) akan tampil teks:
Object Oriented Programming
b.    Jika diklik CheckBox2 (VB), maka pada objek TextBox2 (Txtvb) akan tampil teks:
Visual Basic
c.    Jika diklik RadioButton1 (Benar), maka pada objek TextBox3 (Txtbs) akan tampil teks:
Anda memilih Benar
d.    Jika diklik RadioButton2 (Salah), maka pada objek TextBox3 (Txtbs) akan tampil teks:
Anda memilih Salah
e.    Jika diklik tombol Button1 (Bersih), maka:
-  tanda checklist pada OOP akan hilang.
-  tanda checklist pada VB akan hilang.
-  teks pada objek Txtoop, Txtvb dan Txtbs akan dihapus (kosong).
f.     Jika diklik tombol Button2 (Tutup), maka program akan ditutup (keluar dari program)

Perintah Program:
a.    Perintah pada Objek CheckBox1
Private Sub chkoop_CheckedChanged(ByVal sender As System.Object,…
txtoop.Text = "Object Oriented Programming"
End Sub

b.    Perintah pada objek CheckBox2
Private Sub chkvb_CheckedChanged(ByVal sender As System.Object,…
txtvb.Text = "Visual Basic"
End Sub

c.    Perintah pada objek RadioButton1
  Private Sub rdobenar_CheckedChanged(ByVal sender As System.Object,…
txtbs.Text = "Anda Memilih Benar"
  End Sub

d.    Perintah pada objek RadioButton2
  Private Sub RdoSalah_CheckedChanged(ByVal sender As System.Object,…
txtbs.Text = "Anda Memilih Salah"
  End Sub

e.    Perintah pada objek Button1
  Private Sub btnbersih_Click(ByVal sender As System.Object, …
chkoop.Checked = 0
chkvb.Checked = False
txtoop.Text = ""
txtvb.Clear()
txtbs.Text = ""
  End Sub
f.     Perintah pada objek Button2
  Private Sub btntutup_Click(ByVal sender As System.Object, …
End
  End Sub


     Tampilan program setelah dijalankan sebagai berikut:




Untuk menjalankan program, klik tombol Start Debugging  
      atau tekan tombol F5 pada keyboard.
Untuk menutup program, klik tombol Stop Debugging   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRUKTUR KEPUTUSAN (Bagian 1)

STRUKTUR KEPUTUSAN (Bagian 1)         Langsung Unduh Tujuan Memberikan pemahaman tentang struktur keputusan atau pemakaian selection If. Struktur Keputusan Struktur keputusan adalah struktur program yang melakukan proses pengujian untuk mengambil suatu keputusan apakah suatu baris atau blok instruksi akan diproses atau tidak. Pengujian kondisi ini dilakukan untuk memilih salah satu dari beberapa alternatif  yang tersedia. IF … THEN … ELSE  STATEMENT A.  Pengambilan Keputusan Antara 2 (Dua) Pilihan Bentuk Penulisan: If [Ekspresi Logika] Then         [Statement 1] Else         [Statement 2] End if   Struktur keputusan ini akan menguji Ekspresi Logika (kondisi) yang ditentukan, jika kondisi bernilai True  (benar) maka  Statement1   akan diproses, tetapi jika kondisi bernilai  False  (Salah) maka Statement2 ...
Mungkin.........!!! Aku tak sebagus sunrise......... Tak juga sebening embun yang menetes............ Tak seindah langit jingga saat senja......... Karna apa........??? Aku bukanlah mereka.......... Inilah aku yang apa adanya........ Aku yang sederhana dengan sejuta mimpi didalamnya....... Aku yang masih jauh dari kata sempurna........ AkhlakKu juga tak mulia........ Berbekal Ilmu pengetahuan yang tak seberapa....... Aku mengakuinya karna aku bukanlah Kamu, Dia, dan juga Mereka. Inilah aku yang sebenarnya......... Menjadi diriku dengan segala kekuranganku......... Menjadi diriku dengan segala kelebihanku......... By : Bobbay Crispy

PERULANGAN (LOOPING)

PERULANGAN (LOOPING) Langsung Unduh           Tujuan Memberikan pemahaman tentang perulangan dan penggunaannya sesuai perintah. Perulangan Perulangan digunakan untuk mengulang kode program (repetition, looping, recursive). selama kondisi memenuhi, kode dalam statements akan diulang terus-menerus hingga kondisi tidak lagi memenuhi. Jika terjadi kesalahan dalam penulisan kode, looping tidak akan berhenti dan menimbulkan error. Dalam visual Basic 2008 terdapat beberapa perintah yang dapat digunakan untuk perulangan, yaitu: a.      For … Next b.      Do … Loop c.      While…End While Setiap perulangan mempunyai kelebihan masing-masing, sehingga dapat dipilih sesuai dengan masalah yang dihadapi. For … Next Statement Loop dengan perintah For...Next cocok digunakan untuk perulangan dengan jumlah yang pasti. Bentuk Penulisan: For  Var = [Mul...