Langsung ke konten utama

STRUKTUR KEPUTUSAN (Bagian 2)

STRUKTUR KEPUTUSAN (Bagian 2)

       Langsung Download

 

Tujuan

Memberikan pemahaman tentang struktur keputusan atau pemakaian selection Select Case.


Struktur Keputusan

Struktur keputusan adalah struktur program yang melakukan proses pengujian untuk mengambil suatu keputusan apakah suatu baris atau blok instruksi akan diproses atau tidak. Pengujian kondisi ini dilakukan untuk memilih salah satu dari beberapa alternatif yang tersedia.


Select Case  Statement

Digunakan untuk pengambilan keputusan dari beberapa pilihan.
Jika dalam perintah IF pengecekan dilakukan berdasarkan kondisi, namum dalam Select Case pengecekan dilakukan berdasarkan nilai Ekspresi.
Bentuk Penulisan:
Select Case [Kondisi]
        Case [Ekspresi1]
               [Statement1]
        Case [Ekspresi2]
               [Statement2]
                  ...
        Case Else
               [Statement n]
End Select


Contoh 1:


1. Desain Program


Objek
Name
TextBox1
TxtJPR
TextBox2
TxtHadiah
Button1
BtnProses
Button2
BtnBersih
Button3
BtnTutup




2. Alur Program
     -    Input Jumlah Point Reward.
     -    Klik Proses, maka akan tampil keterangan Hadiah sesuai point reward.
          Tabel Hadiah sebagai berikut:                    
Point Reward
Hadiah
500 – 1000
Mug Cantik
1001 – 1500
Boneka Cantik
1501 – 2000
Kipas Angin
2001 – 2500
Dispenser

3. Kode Program
     Kode program diketik pada Objek Button1 (Proses)  sbb:

  Private Sub BtnProses_Click(ByVal sender As System.Object, ...
      Select Case Val(TxtJPR.Text)
          Case Is <= 1000
             TxtHadiah.Text = "Mug Cantik"
          Case Is <= 1500                                         
             TxtHadiah.Text = "Boneka Cantik"
          Case Is <= 2000
             TxtHadiah.Text = "Kipas Angin"
          Case Is <= 2500
             TxtHadiah.Text = "Dispenser"
          Case Else
             TxtHadiah.Text = "Tidak Ada"
      End Select
  End Sub

 


Select Case  Dengan To

Digunakan untuk kondisi berupa range angka.

Bentuk Penulisan:
Select Case [Kondisi]
        Case [Nilai Awal1] to [Nilai Akhir1]
               [Statement 1]
        Case [Nilai Awal2] to [Nilai Akhir2]
               [Statement 2]
        ...
        Case Else
               [Statement n]
End Select




Contoh 2:
Menggunakan Program pada Contoh 1.
Ubah perintah program menjadi berikut:
  Private Sub BtnProses_Click(ByVal sender As System.Object, ...
      Select Case Val(TxtJPR.Text)
          Case 500 To 1000
             TxtHadiah.Text = "Mug Cantik"
          Case 1001 To 1500
             TxtHadiah.Text = "Boneka Cantik"
          Case 1501 To 2000
             TxtHadiah.Text = "Kipas Angin"
          Case 2001 To 2500
             TxtHadiah.Text = "Dispenser"
          Case Else
             TxtHadiah.Text = "Tidak Ada"      
      End Select
  End Sub


Operator Logika

Pengambilan suatu keputusan tidak hanya dapat dilakukan untuk satu kondisi pengujian, tetapi dapat dilakukan juga untuk beberapa kondisi pengujian. Untuk melakukan proses pengambilan keputusan dari 2 atau lebih kondisi diperlukan operator yang dapat menghubungkan kondisi-kondisi yang akan diuji tersebut. Adapun Operator yang digunakan adalah:

And
And adalah operasi yang melakukan pengecekan atas 2 kondisi atau variabel yang ada. Jika kedua kondisi bernilai true, maka hasil operasi AND adalah true,  selain itu false.

Or
Or adalah operasi yang melakukan pengecekan atas 2 kondisi atau variabel yang ada. Jika salah satu kondisi bernilai true, maka hasil operasi OR adalah true,  selain itu false.

Not
Not adalah operasi yang melakukan pengecekan atas 1 kondisi atau variabel yang ada. Jika kondisi bernilai true, maka hasil operasi NOT adalah false, dan sebaliknya.


Contoh:
Membuat Program untuk menentukan Lulus atau Gagal berdasarkan dua parameter nilai yaitu Nilai Potensi Akademik dan Nilai Psikotes.

Desain Program sebagai berikut:


Objek
Name
TextBox1
TxtNPA
TextBox2
TxtNPs
TextBox3
TxtHasil
Button1
BtnProses
Button2
BtnBersih
Button3
BtnTutup








Alur Program sebagai berikut:
-    Input Nilai Potensi Akademik dan Nilai Psikotes
-    Klik Proses, maka akan tampil Keterangan LULUS atau GAGAL pada hasil.
     Pengujiannya sebagai berikut:
     Jika Nilai Potensi Akademik 85 keatas DAN Nilai Psikotes 75 keatas maka hasil: “LULUS” selain itu hasil: “GAGAL”

Kode Program:
Kode program diketik pada Objek Button1 (BtnProses)  sbb:
Private Sub BtnProses_Click(ByVal sender As System.Object,… 
    If Txtnpa.Text >= 85 And Txtnps.Text >= 75 Then
          Txthasil.Text = "LULUS"
      Else
          Txthasil.Text = "GAGAL"
      End If
End Sub

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRUKTUR KEPUTUSAN (Bagian 1)

STRUKTUR KEPUTUSAN (Bagian 1)         Langsung Unduh Tujuan Memberikan pemahaman tentang struktur keputusan atau pemakaian selection If. Struktur Keputusan Struktur keputusan adalah struktur program yang melakukan proses pengujian untuk mengambil suatu keputusan apakah suatu baris atau blok instruksi akan diproses atau tidak. Pengujian kondisi ini dilakukan untuk memilih salah satu dari beberapa alternatif  yang tersedia. IF … THEN … ELSE  STATEMENT A.  Pengambilan Keputusan Antara 2 (Dua) Pilihan Bentuk Penulisan: If [Ekspresi Logika] Then         [Statement 1] Else         [Statement 2] End if   Struktur keputusan ini akan menguji Ekspresi Logika (kondisi) yang ditentukan, jika kondisi bernilai True  (benar) maka  Statement1   akan diproses, tetapi jika kondisi bernilai  False  (Salah) maka Statement2 ...
Mungkin.........!!! Aku tak sebagus sunrise......... Tak juga sebening embun yang menetes............ Tak seindah langit jingga saat senja......... Karna apa........??? Aku bukanlah mereka.......... Inilah aku yang apa adanya........ Aku yang sederhana dengan sejuta mimpi didalamnya....... Aku yang masih jauh dari kata sempurna........ AkhlakKu juga tak mulia........ Berbekal Ilmu pengetahuan yang tak seberapa....... Aku mengakuinya karna aku bukanlah Kamu, Dia, dan juga Mereka. Inilah aku yang sebenarnya......... Menjadi diriku dengan segala kekuranganku......... Menjadi diriku dengan segala kelebihanku......... By : Bobbay Crispy

PERULANGAN (LOOPING)

PERULANGAN (LOOPING) Langsung Unduh           Tujuan Memberikan pemahaman tentang perulangan dan penggunaannya sesuai perintah. Perulangan Perulangan digunakan untuk mengulang kode program (repetition, looping, recursive). selama kondisi memenuhi, kode dalam statements akan diulang terus-menerus hingga kondisi tidak lagi memenuhi. Jika terjadi kesalahan dalam penulisan kode, looping tidak akan berhenti dan menimbulkan error. Dalam visual Basic 2008 terdapat beberapa perintah yang dapat digunakan untuk perulangan, yaitu: a.      For … Next b.      Do … Loop c.      While…End While Setiap perulangan mempunyai kelebihan masing-masing, sehingga dapat dipilih sesuai dengan masalah yang dihadapi. For … Next Statement Loop dengan perintah For...Next cocok digunakan untuk perulangan dengan jumlah yang pasti. Bentuk Penulisan: For  Var = [Mul...